LA MODUL 1 PERCOBAAN 3


 


 


1. Komponen [kembali]

a. Arduino UNO
 















b. Ground






 
 
c. Keypad















d. LCD











    2. Rangkaian Simulasi dan prinsip kerjanya [kembali]

        Pada percobaan 3 ini menggunakan keypad ,pada keypad terdapat plus button yang ketika ditekan angka ada arus yang mengalir berupa sinyal digital.Sinyal ini keluar menuju pin analag pada arduino. Sinyal tersebut diterjemahkan oleh arduino,sehingga keluaran dari arduino  tersebut akan ditampilkan dilayar LCD berupa angka/huruf.

      

    3. Flowchart[kembali] 

     

     

     

    #include <liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD
    #include <keypad.h>          //Deklarasi library keypad


    const byte ROWS = 4;      //Deklarasi jumlah baris
    const byte COLS = 3;       //Deklarasi jumlah kolom
    char keys[ROWS][COLS] = {
      {'1', '2', '3'},
      {'4', '5', '6'},                    //Inisialisasi keypad matriks 4x3
      {'7', '8', '9'},
      {'*', '0', '#'}
    };

    byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
    byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};   //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom

    // Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
    LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
    Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

    void setup()                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
                                                           // Set baris dan kolom LCD
      lcd.begin(20, 4);
      lcd.setCursor(1, 2);
      lcd.setCursor(4, 3);
      lcd.setCursor(0, 0);
    }

    void loop() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
      char key = keypad.getKey();       //Membaca keypad

      if (key) {                                     //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
        lcd.print(key);                           //Menampilkan input dari keypad pada LCD
      }
    }

    5. Vidio Simulasi[kembali]

     



    6. Analisa dan pembahasan[kembali]

    Analisalah rangkaian pada saat ingin menampilkan angka 1,2,3,4,5 dimulai dibagian tengah baris pertama LCD.

    Jawab :

    Dari percobaan di atas keypad yang digunakan berdimensi 4x3 .Angka pada keypad dideklarasikan dalam dengan tipe char pada program arduino yang dibuat dalam bentuk array. Tiap array akan menampilkan 1 karakter.Ketika angka keypad ditekanakan menghasilkan sinyal berupa sinyal digital kemudian dikodekan oleh arduino dan nantinya akan diterjemahkan dalam bentuk biner. Selanjutnya, biner tersebut akan didekodekan melalui pin analog arduino yang terhubung dengan LCD sehingga angka yang ditekan pada arduino akan tampil pada layar LCD. Untuk mengatur letak tampilan pada LCD, maka Codingan arduino berperan, dimana diatur cursornya pada baris 20 kolom 4, sehingga di setCursor (5,0) . Ditekan angka 1,2,3,4,5  sehingga akan tampil angka tersebut pada LCD pada letak cursor di baris 20 kolom 4 yaitu yang dimulai dari bagian tengah.

     

    7. Link Download[kembali] 

    Link download Rangkaian disini

    Link download Listing Program disini

    Link download Vidio disini

    Link download Library arduino disini

    Link download Datasheet arduino disini

    Link download Datasheet LCD disini

    Link download Datasheet Keypad disini

    Link download HTML disini





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Selamat Datang...

    BAHAN PRESENTASI UNTUK MATA KULIAH ELEKTRONIKA DAN SENSOR Oleh: Ovina Permata Yusli (1810951021) Dosen Pengampu: ...