2. Rangkaian Simulasi dan prinsip kerjanya [kembali]
Pada percobaan 3 ini menggunakan keypad ,pada keypad terdapat plus button yang ketika ditekan angka ada arus yang mengalir berupa sinyal digital.Sinyal ini keluar menuju pin analag pada arduino. Sinyal tersebut diterjemahkan oleh arduino,sehingga keluaran dari arduino tersebut akan ditampilkan dilayar LCD berupa angka/huruf.
#include <liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD#include <keypad.h> //Deklarasi library keypadconst byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah barisconst byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolomchar keys[ROWS][COLS] = {{'1', '2', '3'},{'4', '5', '6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3{'7', '8', '9'},{'*', '0', '#'}};byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk barisbyte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom// Inisialisasi library dengan pin yang digunakanLiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCDlcd.begin(20, 4);lcd.setCursor(1, 2);lcd.setCursor(4, 3);lcd.setCursor(0, 0);}void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulangchar key = keypad.getKey(); //Membaca keypadif (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekanlcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD}}
6. Analisa dan pembahasan[kembali]
Analisalah rangkaian pada saat ingin menampilkan angka 1,2,3,4,5 dimulai dibagian tengah baris pertama LCD.
Jawab :
Dari percobaan di atas keypad yang digunakan berdimensi 4x3 .Angka pada keypad dideklarasikan dalam dengan tipe char pada program arduino yang dibuat dalam bentuk array. Tiap array akan menampilkan 1 karakter.Ketika angka keypad ditekanakan menghasilkan sinyal berupa sinyal digital kemudian dikodekan oleh arduino dan nantinya akan diterjemahkan dalam bentuk biner. Selanjutnya, biner tersebut akan didekodekan melalui pin analog arduino yang terhubung dengan LCD sehingga angka yang ditekan pada arduino akan tampil pada layar LCD. Untuk mengatur letak tampilan pada LCD, maka Codingan arduino berperan, dimana diatur cursornya pada baris 20 kolom 4, sehingga di setCursor (5,0) . Ditekan angka 1,2,3,4,5 sehingga akan tampil angka tersebut pada LCD pada letak cursor di baris 20 kolom 4 yaitu yang dimulai dari bagian tengah.
7. Link Download[kembali]
Link download Rangkaian disini
Link download Listing Program disini
Link download Vidio disini
Link download Library arduino disini
Link download Datasheet arduino disini
Link download Datasheet LCD disini
Link download Datasheet Keypad disini
Link download HTML disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar